POSTER

POSTER Teqcom labeled

SUMPAH

FOR THE FIRST TIME IN FOROVER

Ini adalah poster terbaik yang pernah aku bikin sepanjang masa, HAHAHA. Alhamdulillah ya Allah~

Awal pembuatan poster ini, gara-gara tugas Tekkom dari dosen suruh bikin poster sesuai dengan tema kelompok masing-masing. Dan tema yang didapet kelompok aku adalah Ketahanan Kota terhadap Iklim.

Jadi disini aku mengangkat konsep perubahan iklim yang baru marak akhir-akhir ini. Perubahan iklim itu sebenernya pasti terjadi, perubahan iklim itu pasti terjadi. Kita sebagai manusia hanya bisa mencegah dan mengurangi dampak dari perubahan iklim tersebut. Cuma, terkadang kita para manusia ini suka berulah yang kemudian malah mempercepat proses perubahan iklim.

Hal-hal kecil yang konkret yang sering banget dilakuin oleh kita para manusia adalah tidak mencabut charger hp. Sebagian dari kita pasti mikir ‘ah elah, orang nggak ada hp-nya juga’ atau ‘ih males ah, kan nanti juga aku pake lagi’. Padahal, andai kalian tau wahai para manusia charger-charger kalian yang masih pada nempel di stop kontak itu masih mengeluarkan energi. Bayangin, kalo satu rumah ada satu charger yang masih nempel, dan semua orang di dunia ngelakuin hal yang sama. Energi yang terbuang dari orang-orang itu bisa menghidupi kebutuhan energi satu desa. Satu desa lho, bayangkan. Di Indonesia aja masih banyak bahkan ratusan desa yang masih belum dapet listrik. For your information ajasih..

Sekarang beralih ke konsep poster diatas. Jadi di poster ini, ada gambar seseorang ditengah, disini diibaratkan sebagai kita para manusia. Ada banyak hal yang kita lakukan yang sebenarnya itu merupakan faktor yang menyebabkan semakin cepatnya proses perubahan iklim. Hal ini digambarkan dengan adanya penggunaan energi yang tidak terkendali, polusi udara, dan penebangan hutan secara liar di bagian badan orang tersebut. Namun, tapi, apa yang orang tersebut pikirkan merupakan jalan keluar bagi semua masalah yang ada. Apa yang ada di kepala orang tersebut menggambarkan keadaan dunia jika kita tidak melakukan hal-hal tersebut diatas.

Sehingga kemudian muncul tagline ‘Human Change not Climate Change’

Inti dari poster diatas adalah bahwa perubahan iklim dapat diatasi apabila kita para manusia yang berubah. Berubah mulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil hingga kemudian tertanam pada pikiran kita menjadi pola pikir yang sehat. Perubahan manusia ini lah yang menjadi satu-satunya jalan terhadap adanya perubahan iklim di dunia.

Jadi tunggu apa lagi.

Mulai dari hal-hal kecil

Yang kemudian berkembang menjadi kebiasaan

Sehingga tertanam menjadi pola pikir

Indonesia, Bisa!!

 

 

 

Leave a comment